berita

MANPK MAN 4 JOMBANG ADAKAN TES TOAFL UNTUK YANG PERTAMA KALI


     Kamis, 10 Oktober 2019 bertempat di Aula MAN 4 Denanyar Jombang, siswa siswi MANPK MAN 4 Jombang antusias mengikuti penyuluhan tentang Test of Arabic as a Foreign Language atau biasa disebut dengan TOAFL. Penamaan TOAFL sendiri sebenarnya berasal dari pengilhaman kata TOEFL yang sudah lebih eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Pada awalnya tes TOAFL dicetuskan dengan nama “al-ikhtibaaraat al’Arabiyyah li Al-Diraaasaat al-Islamiyyah li Al-ajaanib”. Hanya saja nama TOAFL lebih mudah diucapkan dan terlanjur lebih popular, sehingga nama arabnya tidak digunakan.

     H. Miqdarul Khoir Syarofit, Lc., M.Pd, narasumber pada siang hari itu, menjelaskan bahwa dasar-dasar TOAFL terdiri dari Reading, listening, spelling, dan writing yang tentunya harus bisa dikuasai oleh siswa-siswi yang ingin Lulus dengan nilai baik dalam tes tersebut. “Sebelum tes para peserta akan mendapatkan penambahan materi seputar bahasa arab kontemporer selama kurang lebih 14 hari. Namun lamanya waktu penambahan materi tersebut juga tergantung atas kemampuan yang dimiliki oleh peserta tes itu sendiri.” Jelas beliau. Penulis buku “Mahir TOAFL Skor 600+” ini juga menjelaskan bahwa pada setiap pertemuan penambahan materi tersebut, kalkulasi waktunya adalah 45 menit untuk materi, dan 45 menit untuk evaluasi. Sedangkan, untuk tes TOAFL yang sebenarnya akan dilaksanakan diakhir pertemuan selama 2 jam.

     Tes TOAFL yang akan diikuti oleh siswa-siswi MANPK Jombang ini, tentu akan memberikan banyak manfaat bagi mereka, terutama bagi yang ingin melanjutkan studi di Negara-negara timur tengah. Selain itu, mereka akan mendapatkan sertifikat TOAFL yang menunjukkan nilai kemampuan berbahasa Arab yang mereka miliki. Dan dengan nilai tes yang bernilai tinggi inilah, mereka akan dapat diterima di Universitas-Universitas yang mereka inginkan. Diakhir pertemuan siang hari itu, H. Miqdarul Khoir Syarofit, Lc., M.Pd memaparkan harapan beliau dengan terlaksananya tes TOAFL di MANPK MAN 4 Jombang, para siswa dan siswi dapat mengukur kesiapan mereka dalam menerima Bahasa Arab dengan wajah baru, dan membawa nama baik MAN 4 Jombang ke dunia luar.

 

 

Jurnalistik MAN 4 Jombang

Vina Sa’adatul ‘Athiyyah(XI PK 2)
Faiqotul Afifah (XI PK 2)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *