berita

Pilketos 2K19 Bikin Greget


JOMBANG – Seluruh siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang antusias menyambut hari H pemilihan ketua OSIS MAN 4 Jombang  masa bakti 2019/2020, Sabtu (21/09) setelah kampanye paslon pada hari Rabu(18/09). Kegiatan dilaksanakan di lokal utara MAN putra dan lokal selatan MAN putri.

Pilketos tahun ini, menetapkan tiga pasangan calon ketua dan wakil putra dan putri berdasarkan perolehan nilai dari deleksi mulai dari tes tulis hingga tes wawancara yang berlangsung pada hari Minggu (15/09) hingga hari Selasa (17/09).

Pilketos berlangsung cukup lama, dimulai dari pukul 10.00 hingga pukul 13.30. Hal ini terjadi karena pada pilketos kali ini, pemilihan dilaksanakan secara online melalui aplikasi E Vote . “Tahun ini adalah tahun pertama pemilihan ketua OSIS yang berbasis online dengan menggunakan aplikasi E Vote, jadi lumayan rumit,” ujar salah satu panitia pilketos, Fachru Annisa(XII MIA 5), seksi bela negara OSIS MAN 4 Jombang. Pelaksanaan dengan basis online ini bertujuan untuk meminimalisir siswa/ siswi yang golput, sehingga hasil dicapai secara mufakat berdasarkan pilihan terbanyak dari seluruh warga sekolah. Selain karena sistem pemilihan, lamanya kegiatan juga disebabkan karena kegiatan orasi yang berlangsung sebelum pemilihan. Orasi paslon ketua osis dan wakil tahun ini dilaksanakan di lokal utara MAN putra untuk kandidat putra. Dan dilaksanakan di lokal selatan MAN putri untuk kandidat putri. Orasi dimulai dari pukul 10.00 dan berakhir menjelang dhuhur.

Dalam kegiatan orasi, seluruh warga sekolah diberi kesempatan bertanya kepada masing masing paslon. Pertanyaan dibatasi dua kesempatan untuk dewan guru, dua kesempatan untuk senior OSIS, dan tiga kesempatan untuk siswa dengan ketentuan masing masing angkatan berkesempatan sekali mengajukan pertanyaan serta seluruh warga berkesempatan menyanggah jawaban dari pertanyaan siswa atau siswi. Sebelum orasi, seluruh paslon memaparkan visi dan misinya terlebih dahulu untuk meyakinkan warga sekolah serta sebagai pengantar timbulnya pertanyaan pertanyaan.

Orasi dimulai dengan pertanyaan awal yang diberikan oleh pembina OSIS. Dilanjutkan pertanyaan dari senior OSIS dan ditutup dengan tanya jawab antar siswa atau siswi. “ Dalam orasi tahun ini, menurut saya kurang greget dibandingkan dengan tahun lalu karena tahun lalu penonton saling bersahutan dalam menyanggah ataupun bertanya didukung pertanyaannya yang menantang, “ tukas Fachru lagi. Di lokasi lokal utara MAN putra, orasi berakhir lebih cepat, karena pilketos siswa MAN 4 Jombang dilaksanakan lebih dulu dan berakhir saat ISHOMA kemudian dilanjutkan dengan pilketos siswi MAN 4 Jombang.

Secara umum, teknis pemilihan dilaksanakan secara berurutan dimulai dari siwa kelas X higga kelas XII, kemudian giliran siswi kelas X sampai siswi kelas XII. Saat di tempat pemilihan, siswa atau siswi mengambil kode sandi serta mengisi presensi terlebih dahulu sebelum menuju bilik suara. Setelah itu siswa atau siswi dipersilahkan untuk menuju bilik suara untuk memberi suara. Setelah pemilihan setiap kelas wajib mengeluarkan perwakilan untuk menjdi saksi penghitungan cepat hingga hasil akhir keluar. Hasil akhir menetapkan paslon M Husnul Makarim dan Fajar sebagai ketua dan wakil OSIS putra MAN 4 Jombang masa bakti 2019/2020, serta menetapkan paslon Nilnarohmah dan Dewi Aufa sebagai ketua dan wakil OSIS putri MAN 4 Jombang.

Dengan diumumkannya hasil akhir pilketos 2019, harapan senior OSIS secara otomatis terpanjat kepada calon pengurus baru khususnya kandidat paslon yang terpilih.  “Jadikan Osmade lebih baik lagi,” begitulah pesan ringkas namun mengena dari Fachru selaku senior OSIS yang ditujukan pada calon pengurus OSIS yang akan datang. (Jurnalis MAN4 Jombang)

Readers Rating
1 votes
1.8

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *