berita

“NGAJI” LITERASI MELALUI WORKSHOP JURNALISTIK


Puluhan siswa-siswi MAN 4 Jombang mengikuti Workshop Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Ekstrakurikuler Jurnalistik pada 20 Februari 2019, Rabu pagi. Seluruh peserta yang tergabung dalam eks.kul Jurnalistik tersebut antusias menyemarakkan kegiatan dari awal hingga akhir. Bertempat di gedung serbaguna depan Asrama MANPK, kegiatan Workshop berjalan sukses dan khidmad. “Kegiatan ini, sangat banyak manfaatnya diantaranya mereka bisa belajar menulis dengan benar sesuai kaidah jurnalistik. “, ungkap Dewan Pakar Jurnalistik MAN 4 Jombang, Aziz Jakfar, S.TH.I , M.Pd.I. yang pernah menjadi kontributor Jawa Pos.

H. Syamsul Ma’arif, S.Pd.,M.Pd.I menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dapat dilaksanakan secara intensif, sehingga para peserta dapat benar-benar memahami cara menulis yang benar. “saat mahasiswa, saya pernah aktif dalam dunia kepenulisan, termasuk tulisan Jurnalistik baik di kampus maupun lingkup regional yang lebih luas. Pelatihan ini bagian dari gerakan literasi dan menulis bagi kalangan siswa-siswi”, imbuhnya selaku Kepala MAN 4 Jombang saat memberikan Pengarahan sekaligus membuka Workshop secara resmi.

Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Workshop Jurnalistik yang diinisiasi oleh Ekstrakurikuler Jurnalistik. “Diantara 1.500 lebih siswa-siswi MAN 4 Jombang, kalian merupakan siswa-siswi pilihan yang terbaik sebab mau mengikuti Workshop Jurnalistik secara tertib, kami bangga memiliki kalian”, imbuhnya.

Turut hadir Genderal Manager Jawa POS Radar Jombang, Dsr.M.Nur Kholis memberikan Pengarahan dan Motivasi kepada para peserta. ” Saya sangat senang bertatap muka dengan kalian yang semangat dan antusias mengikuti Workshop Jurnalistik. Berada di lembaga yang berbasis pesantren menjadi salah satu penyemangat kalian untuk mempelajari Jurnalistik”, ungkapnya.

Peserta tidak hanya mendapatkan materi tentang tehnik menulis, mereka juga mendapatkan wawasan tentang tehnik reportase dan wawancara. “Saya sangat takjub dan bangga dengan kalian yang luar biasa semangatnya, aktif bertanya, rasa ingin tahu tinggi, bahkan kalian bisa dikatakan seperti mahasiswa yang siap diterjunkan sebagai Jurnalis profesional. Bekal kalian untuk mempelajari Jurnalistik ini sudah layak untuk dianggap lebih dari cukup. Tinggal pendampingan secara kontinuitas untuk memberikan koreksi dan evaluasi”, akui M. Nasikhuddin,S.Ag salah satu pemateri dari Radar Jombang. Pria lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya ini menuturkan bahwa tema kegiatan yang dipilih sangat filosofis. “Be a Good Journalist, Make e Better Future yakni Jadilah Jurnalis yang baik buatlah masa depan yang terbaik, ini maknanya sangat dalam. Melalui tulisan yang benar, seorang Jurnalis mampu menggerakkan pembaca untuk meraih mimpi setinggi-tingginya, setidaknya setinggi awan. Namun menjadi seorang wartawan itu banyak suka maupun dukanya. Bahkan saya pribadi pernah saat wawancara ke salah satu warga desa dikira saya pencuri”, tambahnya saat menceritakan pengalaman uniknya ketika wawancara berita.

Selain tehnik wawancara dan reportase, untuk menambah kelengkapan tulisan diperlukan pengambilan foto/gambar dengan objek sesuai isi tulisan, oleh karenanya peserta juga dibekali materi Tehnik Fotography. Agar konsumen tertarik membaca, tidak hanya isi tulisan yang berbobot juga diimbangi pula dengan Desain dan Layout yang kreatif.
(Jurnalis MAN 4 Jombang ; Aulia)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *