MAN 4 JOMBANG MENUJU MADRASAH SMART GOAL

Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang sukses menyelenggarakan diklat pembelajaran dan visioning exercise bagi staff pimpinan serta unit pendidikan bekerjasama dengan Irsyad Trust Limited Singapura. Kegiatan dibuka s langsung oleh kementerian Agama Kabupaten Jombang, Drs H. Abdul Haris, M.Pd.I, disaksikan oleh seluruh pengasuh, tamu undangan, serta para peserta diklat.  Syamsul Ma’arif, ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa diklat dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin-Rabu, 13-15 Nopember 2017.

Diklat ini diikuti kurang lebih 46 peserta terdiri dari perwakilan lembaga di bawah naungan Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar yakni MAN 4 Jombang, MA Mambaul Ma’arif, SMK Mambaul Ma’arif, MTsN 4 Jombang, MTs Mambaul Ma’arif, dan MI Mambaul Ma’arif. Selain  itu terdapat empat lembaga di luar yayasan Mambaul Ma’arif yakni MASS Seblak, MASS Tebuireng, dan MA Babussalam Mojoagung”, ungkap Kepala MAN 4 Joombang, H. Syamsul Ma’arif, S.Pd., M.Pd.

Para peserta dilatih dengan baik oleh tim pemateri dari Yayasan Irsyad Trust Limited Singapura. Materi diklat dibagi menjadi dua bagian,yakni materivisioning exercise dilaksanakan di lokal MAN 4 Jombang,dalam waktu yang bersamaan materi tentang Metode Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris berada di lokal MTsN 4 Jombang.

Para peserta antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung mulai pagi pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 Wib. Misalnya dalam diklat visioning exercise, mereka tidak hanya dibekali konsep saja seperti; Vissioning Exercise,Stakeholders Analysis, Organizational,Climate Survey-OCSdanFocus Group Discussion, akan tetapi juga mendapatkan pengalaman secara langsung melalui praktik secara nyata sehingga memerlukan kerja tim yang baik.

Kegiatan perdana ini berawal dari inisiatif para pimpinan madrasah di lingkungan Yayasan Mambaul Ma’arif Denanyar, utamanya MAN 4 Denanyar.

Upaya peningkatan mutu pengembangan madrasah terus dilakukan, termasuk dengan membekali seluruh komponen utama madrasah diantaranya para staff pimpinan madrasah dan guru. Sebagai tindak lanjutnya dilakukan realisasi program-program madrasah yang menunjang peningkatan kualitas layanan pendidikan di masing-masing madrasah secara terukur, terarah atau SMART GOAL. (kontributor tim jurnalistik MAN 4 Jombang, Aulia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *