ossba

OSSBA VIII MAN 4 JOMBANG, KOMPETISI BERGENGSI TAHUNAN


Islami, Nasionalis, Cerdas, Kreatif, Mandiri dan Berbudaya Lingkungan Sehat merupakan slogan yang tertuang dalam Visi-Misi MAN 4 Jombang. Sebagai Madrasah yang konsisten berupaya memberikan layanan pendidikan terbaik, MAN 4 Jombang giat selenggarakan kegiatan-kegiatan berbasis peningkatan akademik peserta didik. Salah satunya Olimpiade Sains, Sosial, Bahasa, dan Agama atau disingkat OSSBA yang rutin diselenggarakan tiap tahun sekali. OSSBA VIII pada Ahad, 10 Februari tahun 2019 kali ini mengusung tema “Menciptakan Generasi yang Unggul di Bidang Ilmu Pengetahuan, Terampil, Berbahasa, Sholeh, Sosial, dan Spiritual”.

“Antusias pendaftar luar biasa dari tahun ke tahun. Bedanya, tahun ini, jumlah peserta sengaja kami batasi. Padahal tiap tahun jumlah peserta lebih dari 1000 peserta yang ikut OSSBA. Meski pendaftaran sudah ditutup, masih saja ada pendaftar dari luar Jawa Timur seperti dari Jawa Tengah, Bali, dan beberapa luar provinsi ingin ikut serta dalam ajang ini. Dengan adanya hal ini, ada rencana bahwa OSSBA Tahun depan dapat ditingkatkan menjadi OSSBA tingkat SMP/MTs sederajat se-Jawa Bali. Semoga bisa terlaksana dengan baik, itikad ini”, tutur semangat sambutan Ketua Panitia, H. Abdul Mughni Ilyas, Lc pada Pembukaan OSSBA VIII.

Selain itu kepala MAN 4 Jombang, H. Syamsul Ma’arif, S.Pd., M.Pd.I saat membuka acara secara resmi, juga memberikan pengarahan bahwa OSSBA merupakan ajang kompetisi bergengsi memperebutkan piala bergilir bagi siswa-siswi SMP/MTs sederajat se- Jawa Timur, imbuhnya. Tahun 2018 lalu, juara umum OSSBA VII diperoleh MTs.N Puncu Kabupaten Kediri.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, usai Pembukaan OSSBA VIII, sekitar pukul 09.30 peserta mengikuti babak penyisihan dengan mengerjakan soal sesuai bidang yang diikuti. Hasilnya bagi 25 peserta yang terbaik mengikuti babak semi final sesuai ketentuan. Selanjutnya, peserta yang lolos semi final masuk pada babak final untuk menentukan para juara.

Sebagai ajang bergengsi membanggakan bagi MAN 4 Jombang, OSSBA VIII merupakan hari yang membahagiakan bagi keluarga besar MTsN 4 Jombang. Pasalnya, madrasah yang masih satu yayasan dengan MAN 4 Jombang ini berhasil merebut kembali gelar juara umum yang sempat terlepas beberapa tahun belakangan. Uniknya, selain menyandang juara umum, madrasah tersebut juga menyandang gelar madrasah dengan peserta terbanyak dalam OSSBA VIII tahun ini.

“Saya sangat bangga sekali. Semua itu adalah hasil perjuangan pembina dan keseriusan anak-anak dalam pelaksanakan pembinaan itu sendiri. Sejak ada juknis dari MAN 4 Jombang, kami segera menindaklanjuti. Hal itu disebabkan beberapa tahun ini kami kecolongan karena kurangnya persiapan. Maka dari itu, kami mempersiapkan lebih awal dan ternyata hasilnya sangat membanggakan”, ungkap Waka Kesiswaan MTs.N 4 Jombang, H. Muhammad Yazid Abdurrahman, S.Ag saat mendampingi siswa-siswinya.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh Wafiq Afidah, siswi MTsN. 4 Jombang yang berhasil meraih juara 2 bidang Bahasa Arab. Tahun lalu, Wafiq juga meraih juara harapan 2 pada OSSBA VII MAN 4 Jombang. “Alhamdulillah senang, tapi kembali ke prinsip. Tidak boleh sombong dan tidak boleh tinggi hati” tuturnya.

Selain itu, siswa-siswi MTsN 4 Jombang juga menyabet beberapa kejuaraan OSSBA VIII diantaranya fika raih juara 1 , M.Adam Wildan raih juara 2, dan juara 3 atas nama Maghfiroh pada bidang Pendidikan Agama Islam. Sedangkan pada bidang Bahasa Arab juara harapan 3 diraih oleh Ahsanu Nadia, juara 3 bidang IPA terpadu oleh Yaskur Santoso, dan Nurisasy peraih juara 1 bidang Bahasa Inggris yang di bawahnya yakni juara 2 diraih oleh delegasi SMPN 2 Jombang.

Kejuaraan lain juga diraih oleh beberapa sekolah lain. Pada bidang IPA Terpadu, Juara 1 diraih Zulfa dari MTsN 3 Tulungagung, Juara 2 diraih Rizki dari MTsN Lamongan. Sedangkan juara Harapan 1 diraih Naufal dari SMPN 2 Jombang, juara Harapan 2 diraih Anandita dari MTsN Blitar, dan juara Harapan 3 diperoleh A.Zaki dari MTsN 2 Kediri.

Pada bidang IPS Terpadu, Juara 1 diraih intan dari MTsN 1 Blitar, Juara 2 diperoleh Verdi siswa MTsN 7 Kediri, Juara 3 diraih peserta dari MTsN 6 kediri, Juara Harapan 1 diraih peserta dari MTsN 1 Blitar, Juara Harapan 2 diraih oleh Yusuf dari SMPN 2 jombang, sedangkan Juara
Harapan 3 diraih peserta dari MTs Plus Darul ulum Jombang.

Kejuaraan 1 bidang Matematika berhasil diraih oleh Fariz Riski , siswa SMPN 2 Jombang. Juara 2 diraih siswa MTs.N Tulungagung, A.Nauval dan Juara 3 diraih Ahmad Rizki, siawa MTsN 3 Kediri. Sementara Juara Harapan 1 diraih M. Sholihul dari MTsN Lamongan, Juara Harapan 2 diperoleh Huaina dari MTsN Kediri, Juara Harapan 3 diraih siswa SMPN 2 Jombang, Seina Prayoga.

Selain itu, Peraih Juara bidang bahasa Inggris yakni Najwa dari MTsN 3 Jombang sebagai Juara 3, Monica siswi MTSN 1 Kediri peraih Juara Harapan 1, Ahmad Muhlis dari MTsN Gresik peraih Juara Harapan 2, dan Hamid siswa MTsN 3 Jombang peraih Juara Harapan 3.

Tidak hanya itu, peraih kejuaraan PAI lainnya adalah M. Riski dari SMP Muhammadiyah sebagi Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 diraih Robiah dari MTsN Lamongan, sedangkan Juara
Harapan 3 diperoleh ilma , siswi MTsN Tulungagung.
Terakhir, kejuaraan pertama bidang bahasa Arab berhasil diraih oleh Wafina siswi MTs Mua’llimin Tambakberas, Juara 3 diraih A. Arifan siswa MTsN 3 Jombang. Sedangkan Juara Harapan 1 berhasil direbut oleh Tsania Aqila, siswi MTs Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Juara Harapan 2 diraih oleh M. Zadana dari MTsN 7 Kediri.

OSSBA VIII juga turut dimeriahkan oleh penampilan-penampilan Ekstrakurikuler MAN 4 Jombang yang cukup menghibur para peserta saat menunggu pengumuman kejuaraan. Mulai dari ekstra Paduan Suara “Madena Vocalista”, Gambus “Alfashollu”, Tari Saman MANPK, Qosidah Putri, Al-Banjari Putra, Pramuka, Paskibraka, PMR, dan Teater. Selain itu, tersedia stand bazar yang diisi oleh sejumlah Ekstra seperti Tata Boga, stand milik PK IPNU IPPNU MAN 4 Jombang dan beberapa stand milik siswa-siswi MAN 4 Jombang.

Usai pengumuman, Penyerahan piala dilakukan langsung oleh Kepala MAN 4 Jombang yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

(Jurnalis MAN 4 Jombang ; Kumala, Indah, Nadhira)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *