berita

MAKESTA PERDANA, SAMBUT HARLAH NU KE-93


PK IPNU-IPPNU MAN 4 Jombang, sukses menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota atau disingkat MAKESTA. Sebagai organisasi dengan segmentasi pelajar tingkat SMP/MTs sederajat , SMA/MA sederajat hingga Mahasiswa, terdapat berbagai macam program kaderisasi yang wajib dilaksanakan. Makesta Angkatan I ini misalnya, merupakan upaya untuk melatih kesetiaan kader-kader yang baru dilantik. Mereka tidak hanya dibekali materi wajib Makesta yang memang sudah ditentukan dalam Peraturan Dasar & Peraturan Rumah Tangga (PD PRT) IPNU IPPNU, mereka juga diberikan terapis mental agar tangguh dalam menjalankan roda organisasi. Usai dibaiat, mereka tidak lantas berhenti disana, tapi sebagai langkah awal menempuh perjalanan berikutnya dalam belajar dan berjuang.

“ Kegiatan ini tujuannya untuk membentuk Kader NU yang Pembelajar, Tangguh, Istiqomah, dan Bertaqwa”, terang A. Badawi, S.Pd, pembina PK IPNU MAN 4 Jombang. Rekan Imam, ketua IPNU menyampaikan tidak hanya itu, Makesta sebagai upaya upgrading kepengurusan rekan-rekanita IPNU IPPNU MAN 4 Jombang yang beberapa bulan lalu dilantik. Pada Makesta perdana ini diikuti oleh kurang lebih 40 pengurus yang belum mengikuti Makesta sebelumnya selama 2 hari, mulai kamis siang, 31 Januari 2019 sampai berakhir Jum’at 1 Januari 2019.
“Makesta merupakan jenjang pertama kaderisasi yang harus diikuti oleh seluruh kader-kader IPNU IPPNU MAN 4 Jombang”, tambah Madina, ketua IPPNU MAN 4 Jombang.

Hari pertama, KH. Asharun Nur selaku Ketua MWCNU Kec Jombang menyampaikan bahwa Pemahaman tentang lambang Nahdlatul Ulama harus didahulukan sebelum memahami materi ke-NU-an dan lainnya. Didalamnya, menyimpan berbagai filosofi yang bernuansa Ahlussunah wal Jama’ah.

Selain materi ke-Aswaja-an dan ke-NU-an, para peserta juga mendapat pemahaman materi dari para pengurus PC IPNU IPPNU Jombang, tentang keorganisasian, ke-IPNU IPPNU-an, dan Leadership. Sementara materi tentang Nasionalisme dan wawasan kebangsaan disampaikan oleh Koramil Jombang Kota. “Kami berharap dengan diselenggarakannya acara ini calon anggota IPNU-IPPNU memiliki pengetahuan sebagai bekal melaksanakan tugas dan kegiatan organisasi”, ungkap tegas Maschan Fadhil, ketua panitia.( Aliya,ilal,yayang)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *