berita

MAN 4 JOMBANG SUKSES TERAPKAN COMPUTER ASSISTED TEST


Setelah sukses melaksanakan simulasi UAMBN dengan sistem Computer Assisted Test selama tiga hari yang lalu, MAN 4 Jombang konsisten mempersiapkan simulasi-simulasi ujian berikutnya. Sesuai jadwal yang telah ditentukan Kementerian Agama, simulasi tahap pertama dilaksanakan pada senin – selasa lalu bertepatan tanggal 21-23 Januari 2019.  Uji coba atau simulasi dilakukan untuk memberikan pembinaan dan pendampingan yang cukup mengenai pelaksanaan UAMBN dan UNBK tahun 2019. Tidak hanya simulasi UAMBN, siswa-siswi kelas akhir juga seperti biasa akan mengikuti Try Out Mata Pelajaran UAMBN maupun Ujian Nasional kurang lebih 5 kali sesi.

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional disingkat UAMBN dan Ujian Nasional (UN) merupakan penilaian pembelajaran yang mengukur standar kompetensi lulusan bagi peserta didik kelas akhir. Pada pelaksanaanya, tahun 2019 ini pemerintah pusat melalui Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menetapkan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam sebagai bidang studi yang diujikan pada UAMBN. Sedangkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam lainnya seperti Aqidah Akhlak, Akhlak, Ilmu Kalam dan Bahasa Arab diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bersama dengan Mata Pelajaran lainnya yang tidak diujikan dalam UAMBN, maupun UN.

Sebagai satu-satunya Madrasah di Kab Jombang yang memiliki program MANPK memasuki 2 tahun terakhir, MAN 4 Jombang sudah melaksanakan UAMBN berbasis Computer Assisted Test kurang lebih 3 tahun lamanya. Madrasah yang bertahun-tahun menerapkan sistem Pembelajaran SKS atau sekarang disingkat P2DT yakni Program Pendidikan Dua Tahun telah memberikan layanan pendidikan terbaik kepada lulusan sesuai capaian standar kompetensi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya prestasi akademik maupun non akademik yang diraih oleh peserta didik maupun para pendidik pada khususnya. Mulai dari kejuaraan olimpiade pada semua bidang studi UN, UAMBN, maupun USBN. Salah satu prestasi non akademik berhasil diraih ketua OSIS periode 2017-2018 membawa predikat Leader Confidence pada Madrasah Student Leadership Award yang diselenggaran Direktorat KSKK Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam Kementerian Agam RI di Jakarta, November 2018 lalu. (Aulia, Jurnalis MAN 4 Jombang)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *